-->

Iklan Billboard 970x250

Waspada, Ini Gejala Dan cara mengobati AMS Penyakit Di ketinggian Gunung

Waspada, Ini Gejala Dan cara mengobati AMS Penyakit Di ketinggian Gunung

mengenal AMS di Gunung
AMS atau Acute Mountain Sicknes seringkali di derita oleh para pendaki akibat dari ketidak siapan tubuh dalam melakukan pendakian, sebenarnya AMS bisa menyerang siapa saja, khusunya mereka yang berasal dari dataran renda , karna sebenarnya penyakit ini merupakan penyakit yang diakibatkan oleh ketinggian,sering juga si sebut sebagai Altitude Sickness, untuk lebih lanjut mengenai Acute mountain Sickness (AMS)  di gunung, mari kita ulas di bawah ini.

Waspada, Ini Gejala Dan cara mengobati AMS Penyakit Di ketinggian Gunung

Apa itu AMS ?

Ams merupakan Kepanjangan dari Acute mountain siknes sering juga di sebut sebagai Altutude sickness (penyakit ketinggian) yaitu sebuah kondisi dimana tubuh seorang pendaki gagal menyesuaikan kondisi ketinggian yang terus berubah secara drastis. biasanya hal ini akan mengakibatkan pusing, mual hingga sesak napas, AMS ini sendiri banyak sekali di alami oleh pendaki gunung, namun seringkali para pendaki awam tidak mengenali penyakit ini dan menganggapnya sebagai efek dari kelelahan, karna memang salahsatu gejala paling umum dari AMS adalah kelelahan. kegagalan para pendaki mengidentifikasi gejala penyakit AMS ini menyebabkan kesalahan penanganan yang di lakukan, oleh karena itu ada baiknya jika kita memahami gejala umum yang dialami dari penyakit ini :

Gejala AMS atau penyakit ketinggian gunung

gejala paling sering dialami oleh pendaki antara lain adalah sakit kepala, mual, mengalami sesak nafas, susah untuk tidur , kelelahan, pusing dan hilangnya nafsu makan, tentunya sobat pendaki pernah atau sering mengalami hal ini kan di perjalanan anda menuju puncak gunung ? ini merupakan gejala awal yang sering tidak di sadari bahkan seringkali di remehkan oleh para pendaki, bahkan jika anda pendaki pemula, kemudian mengalami gejala ini biasanya akan mengagap bahwa ini adalah sesuatu yang normal dan akhirnya mulai memaksakan kondisi badan anda yang sebenarnya memerlukan sedikit pengobatan terkait AMS ini. selain gejala diatas ada beberapa gejala lanjutan apabila anda memaksakan diri untuk terus melakukan pendakian, biasanya gejala ams yang semakin parah bisa mengakibatkan gejala sebagai berikut :

membiarkan dan menyepelekan aams dapat mengakibatkan akumulasi caitran di otak dan paru-paru yang dapat menimbulkan berbagaimacam gejala seperti tidaknyaman saat bernafas dan mengeluarkan suara seperti kertas yang di tarik saat bernafas, hal ini juga mengakibatkan kesulitan bernafas yang cukup parah, bisa juga di sertai batuk yang cukup parah, dan di sertai dengan cairan merah muda dan berbusa, linglung dan kesulitan berjalan hingga mengalami kebingungan sampai membuat anda kesuliitan untuk berjalan. gejala-gejala ini menunjukan kondisi tubuh yang sangat kritis ketika anda atau rekan pendakian anda mengalami gejala seperti ini ada baiknya jika anda segera turun dan mendapatkan pertolongan yang tepat.

Pertolongan Peretamama Pada Ams :

Ams Atau Acute mountain sickness merupakan penyakit yang diakibatkan oleh ketinggian, oelh karena itu jika anda mengalami gejala penyakit ini, berhentilah mendaki dan istirahat sejenak untuk menyesuaikan kondisi tubuh dan ketinggian di sekitar anda, namun jika langkah ini tidak berhasil, turunlah dari ketinggian tersebut untuk menyesuaikan ketinggian terlebih dahulu, cara ini biasanya sangat efektif mengingat ams sangat sering terjadi dan biasanya bisa hilang hanya dengan menyesuaikan ketinggian. memang rasanya sangat malas jika harus turun beberapa puluh hingga ratus meter ketika terserang ams karna untuk mendaki hingga titik anda saat itu di butuhkan perjuangan yang luar biasa apalagi jika anda telah terserang ams dari semenjak berjalan, namun hal ini sangat penting untuk menjaga kondisi kesehatan anda di gunung, karna gunung bukan lah tempat pulang, kembalilah kerumah dengan selamat dengan pendakian yang menyenangkan.

 Faktor dan resiko AMS

ams atau altitude sicness sebenarnya bisa menyerang siapa saja yang melakukan pendakian, namun ada beberapa kategori pendaki yang lebih mudah terserang AMS dari pendaki lainnya. misalnya saja faktor usia. orang yang lebih muda akan lebih beresiko terserang AMS daripada orangtua. kedua adalah orang yang tinggal di dataran rendah yang sangat jarang mengunjungi dataran tinggi. dan ketiga adalah daya tahan tubuh anda sedang tidak baik, ams juga sangat beresiko untuk orang yang pernah mengidap penyakit paru-paru.

 Cara mengobati Ams

melanjutkan pengobatan pertama pada ams tadi, pasien sebaiknya dilarikan ke tempat yang lebih renda untuk beristirahat kurang lebih 2 sampai 3 hari biasanya kondisinya akan memulih dengan cepat, apabila di perlukan bisa juga kita memberikan paracetamol dan aspirin untuk penderita ams, namun jika pasien telah mengalami ams akut disarankan untuk membawanya ketempat yang lebih rendah dengan cepat dan apabila anda sedang melakukan pendakian gunung, maka segeralah untuk turun dan menghubungi dokter terdekat, salah penanganan pada ams yang sudah kritis dapat mengakibatkan kematian.

demikian sedikit artikel dari bakasura mengenai AMS untuk pencegahan dan pengobatan secara lebih lanjut bisa menghubungi dokter sebelum dan setelah pendakian, bagaimanapun juga kita semua menginginkan perjalanan yang menyenangkan dan aman hingga kembali pulang ke rumah setelah melakukan pendakian.
salam lestari. semoga alam masih berbaik hati pada kita semua.. jaga lingkungan, jaga alam kita dan bawa kembali sampahmu turun.

Baca lebih banyak informasi mengenai AMS DISINI
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post