-->

Iklan Billboard 970x250

Daftar 8 goa terindah di Indonesia, bahkan dunia yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Daftar 8 goa terindah di Indonesia, bahkan dunia yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

goa atau gua, atau dalam bahasa inggris disebut cave merupakan rongga di dalam bumi yang bisa di masuki oleh manusia, indoensia sendiri merupakan negara dengan banyak goa yang indah bahkan memiliki beberapa goa ter indah di asia tenggara. goa di indonesia banyak di kaitkan dengan ritual mitologiss, dipercaya sebagai rumah bagi banyak mahluk halus dan parea dewa, tapi kepercayaan ini merupakan bentuk konservasi paling baik di tengah negara berkembang, mitor bahwa goa merupakan rumah bagi mahluk halus akhirnya membuat goa di indonesia terjaga dari ekploitasi orang-orang yang tidak bertanggung jawab. di indonesia sendiri banyak sekali terdapat goa yang tersebar dari sabang sampai marauke, rata-goa ini terbentuk akibat proses alami di batuan kapur, nah goa secara ekologis juga berfungsi sebagai penyimpan adangan air. akan tetapi belakangan banyak goa yang mulai di rambah untuk keperluan industri semen, ini sangat miris mengingat bahwa goa di indonesia merupakan jajarran goa yang paling indah di asia tenggara. tidak percaya ? silahkan buktikan sendiri.

8 Goa terindah Di Indonesia Versi Bakasura.web.id

Gua Maharani

goa maharani

menurrut wikipedia, Goa Maharani merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Lamongan, tepatnya berada di kecamatan Paciran. Goa Maharani berada di kedalaman 25 M dari permukaan tanah dan memiliki rongga seluas 2500 m2. dari berbagai tulisan konon goa ini di temukan secara tidak sengaja pada tahun 1992 san kemudian di kelola menjadi tempat wisata pada tahun 1992, yang diresmikan oleh bupati lamongan saat itu.   goa maharani memiliki keunikan tersendiri karna meskipun telah menjadi destinasi wisata, goa maharani masih sangat asri dan alami, hal ini terbukti dengan stalaktit dan stalagmit yang masih tumbuh hingga sekarang, selain itu pencahayaan di goa maharani membuat batuan khas gua ini menjadi bersinar memantulkan cahaya yang indah. saking indahnya bahkan goa maharani sering di sejajarkan dengan keindahan goa di luar negri, misalnya saja gua Altamira di Spanyol. Gua Mamonth di Amerika Serikat dan gua Carlsbad di Perancis.

Gua JatiJajar

gtoa jati jajar

goa jati jajar merupakan goa kapur yang terletak di kabupaten kebumen, goa ini merupakan rangkaian dari goa gomong, goa jati jajar sendiri memiliki panjang kuranglebih 250 meter dari pintu masuk dan pintu kluar, goa ini konon pertamakali di temukan oleh seorang petani yang hendak mengambil rumput pada tahaun 1802, penemuan goa jati jajar ini di sebabkan karena pristiwa ketidak sengajaan petani tersebut yang terprosok kedalam goa dari atas tempatnya mengambil rumput, kejadian itu kemudian di dengar oleh bupati pada saat itu, akhirnya goa tersebut mulai di ekplorasi dan pada saat hendak mencari mulut goa yang saat itu masih tertimbun tnah, terdapat dua pohon jati besar yang ememiliki tinggi yang sama, oleh karena itu goa itu di namai goa jati jajar sampai sekarang (wikipedia).

yangjelas, goa jati jajar merupakan goa yang cukup indah, meskipun sudah di kelola sebagai tempat wisata, kita bisa mempelajari banyak pristiwa geologis bagian dari kepingan petunjuk terbentuknya bumi kita melalui goa jati jajar, bagi anda yang senang berkunjung ke tempat wisata alam, mungkin goa jati jajar bisa menjadi salahsatu destinasi tujuan anda untuk mengisi liburan agar tidak monoton.

Gua Barat

goa barat

mungkin bagi pembaca sekalian goa barat masih asing di dengar, tidak lebih terkenal dari goa jati jajar ataupun goa maharani, namun jangan salah, goa jati barat ini ternyata menyimpan keindahan yang tidak main-main, meskipun goa ini belum di kelola serapih goa jati jajar namun karna inilah goa barat terkesan masih alami dan asri. nama goa barat sendiri berasal dari kata goa yang berarti gua/cave sedangkan barat bukan menunjuk pada arah barat/kulon dalam bahasa jawa, tapi barat berarti angin, ini disebabkan karna dari dalam goa terasa seperti ada angin yang berhembus sepoy-sepoy, mungkin diakibatkan karna air terjun dan celah celah di goa barat.

jika kamu tertarik mengunjungi goa barat ini, kamu harus menggunakan kendaraan pribadi, goa ini terletak di pegunungan kars gombong sebelah timur goa jati jajar. menurut informasi, goa ini di petakan oleh ilmuan prancis pada tahun 1880 an, dengan panjang goa sekitar 6km, dan memerlukan waktu penelusuran 5 jam. tempat ini juga oleh para penduduk sekitar sering di sebut sebagai kratonan, selin itu sisi mistis lainnya dari goa ini adalah konon katanya bebatuan yang selalu tampak berkedip jika terkena cahaya.

Gua Surupan

goa surupan

dari namanya goa surupan mungkin terdengar sedikit menyeramkan ya, tapi sebenarnya goa inii banyak diminati oleh komunitas pecinta alam hingg peneliti loh. goa surupan sendiri merupakan satu dari rentetan lebih dari 100 gua di pegununngan kars gombong, lebih tepatnya goa ini berlokasi di dua desa, yakni desa Argopeni dan Desa Karangduwur kecamatan Ayah kabupaten Kebumen Jawa Tengah. 

goa surupan merupakan goa yang memiliki aliran sungai bawah tanah, sungai ini merupakan resapan dari air tanah dan merupakan cadangan air yang melimpah untuk masyarakat, akantetapi karna goa ini memiliki sungai bawah tanah, maka disarankan untuk kamu yang ingin mengunjungi goa ini jangan dilakukn di musim hujan, karna goa surupan ini bisa saja sewaktu waktu mengalami banjir bandang.fakta bahwa goa surupan ini cukup berbahaya untuk cever pemula tidak menyurutkan sebagian orang karna memang keindahan goa surupan ini sudah tidak bisa di tawar lagi, goa yang dihuni binatang seperti kelelawar, walet, udang hingga kura-kura endemik ini memnang begitu menarik dengan pesona skalaktit dan skalakmitnya yang bisa memanjakan mata di tambah ornamen alami yang menghiasi dinding gua bisa membuat anda lupa waktu ketika mengunjungi goa ini.

Gua Gong

goa gong

goa gong merupakan salahsatu goa yang telah di kelola sebagai tempat wisata di indonesia, keindahan goa gong ini konon katanya membuat banyak wisatawan lokal maupun mancanegara datang mengunjungi pacitan, yap goa ini berlokasi di pacitan, tepatnya di desa bomo kecamatan punug, kurang lebih 30 menit dari pusat kota pacitan.

jika anda bingung bagaimana mengakses lokasi goa gong ini, anda bisa menuju kota pacitan dari kota yogyakarta, melalui wonosari gunung kidul, atau bisa juga solo, maupun ponorogo. menurut beberapa informan, goa ini bisa diakses dengan mudah melalui kota solo dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih3 jam perjalanan, melalui jalur melikuk-likuk khas pegunungan.

goa gong memiliki skalaktit/mit yang begitu indah dan unik, tidak heran jika perpaduan maha karya alam di padukan dengan sentuhan lampu oleh pengelola mengantarkan goa gong ini menjadi goa paling indah di asia tenggar. nama goa gong sendiri diambil karena suara stalaktit/mit nya jika di pukul akan menyerupai gong.

Goa Jomblang

sejujurnya dari sekian banyak goadi indonesia, gua jomlang merupakan salahsatu goa yang paling indah untuk berfoto menurut saya pribadi, goa ini memiliki keindahan yang unik seperti foto yang anda lihat di bawah ini.

goa gong


goa jomblang merupakan goa vertikal yang berlokasi di jejeran pegunungan kars gombong yang memanjang hingga ke kars pegunungan sewu, pacitan. goa ini termasuk dalam tipe collapse ini terbentuk akibat amblesnya permukaan atas tanah beserta vegetasinya yang menyisakan lubang sebesar 50 meter, goa ini juga sering di sebut penduduk sekitar sebagai luweng jomblang, mengingat lueng berarti lubang dalam bahasa jawa. keindahan gua jomblang ini sudah tidak terbantahkan lagi, dibuktikan dengan pengambilan gambar american race yang pernah diambil di tempat ini pada tahun 2011.

 Gua Petruk

goa petruk

masih di sekitar pegunungan kars gombong, goa petruk tyerletak di kebumen jawa tengah, atau lebih tepatnya di Dukuh Mandayana, Desa Candirenggo, Kecamatan Ayah, kebumen. goa ini sebenarnya telah di benahi dan menjadi tempat wisata yang mudah diakses, namun bukan berarti keindahan goa ini menurun, meskipun di benahi namun pengelola masih sangat menjaga kelestarian goa petruk ini. batuan stalaktit dan stalakmit di goa petruk ini begitu unik, bahkan pengunjung mengatakan bentuknya menyerupai banyak hal mulai dari mayat,hingga berbentuk seperti payudara.


saya pikir tidak begitu sulit mencari informasi mengenai goa petruk di internet mengingat goa ini sudah begitu terkenal, goa petruk sendiri merupakan goa yang memiliki aliran sungai, sendnag hingga air terjun, goa petruk juga di tinggali kelelwar dan udang. jika kamu berencana liburanketempat ini selalu jaga tetap aman dan lestari.

Gua Pindul

goa pindul

Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul memiliki goa yang cukup terkenal yaitu goa pindul. goa ini terkenal karena goa pindul merupakan goa yang memiliki aliran air yang cukup tenang, bahkan saking tenang dan amannya goa ini telah dijadikan objek wisata unggulan cavetubing atau menyusuri goa dengan pelampung dan mengalir dengan aliran dari mata air yang tenang, ketika melakukan susur goa pindul ini kamu membutuhkan waktu kurang lebih sekitar 1 jam dengan jarak sekitar 350 meter. dengan tantangan dan pemandangan yang luar biasa menjadi pengalaman tersendiri.

nah itudia beberapa gua yang bisa menjadi tujuan destinasi wisata kamu, jangan melulu main di gunung, sesekali kamu juga bisa mengekplorasi indonesia dar sudut yang berbeda, yang perlu kamu perhatikan adalah selalu menjaga kebersihan dan menjaga kelestarian gua tersebut agar bisa terus dinikmati oleh generasi mendatang.artikel ini disadur dari artikel daftar gua terindah di indonesia.

silahkan share jika artikel ini bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post