-->

Iklan Billboard 970x250

6 Tips Memilih Lokasi Mendirikan Tenda Dengan Aman Dan Nyaman

6 Tips Memilih Lokasi Mendirikan Tenda Dengan Aman Dan Nyaman

tips memilih lokasi mendirikan tenda di gunung agar tetap aman dan nyaman
berkegiatan di alam, khusunya mendaki gunung dan aktivitas lain yang membutuhkan waktu lama (menginap) akan berurusan dengan persoalan tempat berlindung saat tidur, yaitu mendirikan tenda. aktifitas ini juga akan kamu lakukan jika kamu ingin berkemah, atau sekedar camping ceria. 

ada banyak jenis tenda yang bisa kamu dirikan, bisa itu trap tent, tenda pramuka, tenda doom dan masih banyak lagi, namun biasanya jika kamu ingin praktis. biasanya para pendaki gunung menggunakan tenda dom untuk berkemah.


apapun jenis tenda yang kamu gunakan, baik itu trap tent ataupun tenda dom semuanya memerlukan pengetahuan yang sama untuk pemilihan lokasi tenda agar kamu bisa tidur dengan nyaman, aman dan selamat hingga pulang kembali ke rumah. tulisan ini saya tulis untuk teman-teman saya yang masih seringkali teledor ketika berkemah di hutan atau alam bebas.

keteledoran ini membuat tidur menjadi tidak nyaman, tidak tenang, hinngga mengancam keselamatan para pendaki. oleh karena itu, berdasarkan pengalaman dan pengetahuan saya yang masih dangkal ini, saya ingin membagikan tips bagaimana cara memilih tempat mendirikan tenda yang aman dan nyaman.silahkan simak artikel dibawah ini :

6 Tips memilih lokasi mendirikan tenda dengan aman dan nyaman



1. mencari tempat rata dan landai yang cukup luas

nah ini biasanya gampang-gampang sulit untuk di lakukan, terutama jika kamu mendaki gunung di waktu libur panjang, tapi usahakan jika mendirikan tenda carilah tempat yang landai dan memiliki permukaan tanah yang rata, singkirkan bebatuan yang membuat tidur kamu tidak nyaman, ini mungkin persoalan sepele, namun jika tempat kamu mendirikan tenda tidak landai maka kamu akan merasa sangat tidak nyaman ketika tidurr, apalagi jika posisi tidur kamu kepala lebih rendah, maka itu akan membuat kepala kamu menjadi sangat pusing saat bangun, terlebih jika ada batu yang mengganjal di punggung atau bagian tubuh lainnya, selain merusak alas tenda permukaan tanah yang berbatu dan tidak rata akan membuat tubuh kamu terasa sakit saat bangun, untungnya sekarang ini sudah banyak di jual alas tidur tiup yang empuk, namun meskipun demikian kamu harus tetap memperioritaskan dataran yang rata dan nyaman untuk mendirikan tenda.

2. tidak di samping atau di bwah pohon yang kering

kamu pasti lihat kan, gambar diatas, itu adalah efek jika kamu mendirikan tenda di tempat yang berbahaya misalnya saja di bawah pohon yang mati atau ranting yang kering. pastikan untuk mengamati keadaan sekitar terlebih dahulu sebelum anda memutuskan untuk mendirikan tenda, pastikan bahwa tempat yang anda pilih aman untuk mendirikan tenda, tentunya kita tidak ingin kejadian seperti gambar diatas terjadi pada anda kan ? jadi, jangan sepelakan hal ini, kakan sangat berbahaya jika sampai ada orang di dalam tenda, atau ketika kita sedang tertidur lelap kemudian ada batang pohon  menimpa kita, semoga itu tidak pernah terjadi pada kita.

3. tidak di bawah tebing

nah selain di sekitar pohon yang kering, mendirikan tenda juga sangat berbahaya jika di lakukan di bawah tebing, mendirikan tenda di bawah tebing beresiko tinggi terkena reruntuhan bebatuan, ini bahkan jauh lebih berbahaya dari mendirikan tenda di bawah ranting kering, karna batu bisa sangat berat dan mematikan, jadi usahakan untuk mendirikan tenda di wilayah yang aman , jika harus mendirikan tenda di samping tebing, maka amatilah tebing apakah itu, jika merupakan tebing yang kuat, mungkin mau bisa mendirikan tenda di sekitarnya namun jika tebing itu berisi batuan yang tidak saling mengikat dan hanya dilapisi oleh tanah, maka jangan coba-coba menguji keberuntungan anda.

4. tidak di aliran air

ini kadang tidak di sadari oleh banyak pendaki, seringkli ketika menemukan dataran rata kita lupa untuk mengecek apakah ada jejak air tergenang atau aliran air jika hujan, biasanya jejak air akan mudah dilihat ketika melihat tanah basah, tanah yang memiliki garis searah biasanya merupakan aliran air saat hujan, sebenarnya ada cara untuk menyiasati ini, yaitu dengan membuat parit di sekeliling tenda. namun jika anda lupa melakukannnya, ada kemungkinan bagian alasa akan rembes, tapi jika anda beruntung, mungkin tenda anda hanya akan terasa lebih dingin

5. perhatikan arah angin

saat mendirikan tenda atau bivak, anda harus dengan jeli memperhatikan arah mata angin, ini akan berguna untuk membuat anda tidak kedinginan saat tidur, mengetahui arah angin juga bisa membuat anda lebih aman dan nyaman ketika menyalakan api, biasanya di malam hari angin cenderung berhembus dari puncak kebawah, sedangkan pada siang hari angin cenderung berhembus dari bawah ke puncak, oleh karena itu jangan membuat tenda dengan pintu yang menghadap arah puncak gunung.

6. bukan di jalur binatang buas

pernah mendengar tenda yang robek di serang babi ? venomena itu sering sekali saya temui di gunung, biasanya babi membuat tenda robek untuk mengais makanan, nah ini sebenarnya disebabkan akibat perilaku jorok dan tidak benar saat menimpan makanan, tapi beberapa serangan terjadi akibat anda membuat tenda di jalur melintasnya binatang, kita bisa mengetahui tempat melintasnya binatang dari jejaknya di tanah, biasanya binatang tertentu selalu melewati rute yang sama ketika berburu dan kembali kesarang, misalnya saja babi, biasanya babi berjalan lurus , maka jika anda melihat tapak kaki binatang yang berjalan lurus, ada kemungkinan itu adalah babi, karna babi tidak bisa berlari jigzag

nah itudia beberapa tips yang bisa anda lakukan sebelum mendirikan tenda, pastikan anda mendirikan tenda di tempat camping yang aman nyaman dan tidak berbahaya, tips ini bisa anda terapkan dimana saja, baik itu di gunung, di hutan maupun sekedar berkemah dibumi perkemahan. selamat berkemah.

salam lestari

#bakasura

Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post