-->

Iklan Billboard 970x250

6 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan, Mendaki Gunung Dengan Tetap Nyaman dan Aman.

6 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan, Mendaki Gunung Dengan Tetap Nyaman dan Aman.

6 tips naik gunung saat musim hujan, mendaki gunung dengan tetap nyaman dan aman.

6 Tips Naik Gunung Saat Musim Hujan, Mendaki Gunung Dengan Tetap Nyaman dan Aman.
camping dengan panorama aurora

Bagi saya pribadi, mendaki gunung saat musim hujan merupakan tantangan tersendiri yang menantang dan menyenangkan, hal ini juga di rasakan oleh sebagian besar para pendaki gunung. ada bebereapa keunggulan yang bisa di dapat saat anda mendaki gunung di musim hujan, tidak percaya ? silahkan baca artikel ini. 5 keuntungan mendaki gunung saat hujan.

namun mendaki gunung saat musim hujan memerlukan persiapan dan kesiapan yang matang, saat anda mendaki gunung di musim hujan, kamu akan di hadapkan dengan medan yang sulit, cuaca yang extreme dan kondisi yang berbahaya. namun hal ini merupakan keuntungan tersendiri bagi mereka yang menyukai tantangan saat mendaki gunung,.

bagi para pemula, mendaki gunung di musim hujan sebenrnya tidak saya sarankan, namun bukan berarti anda tidsk boleh mendaki saat musim hujan, karna banyak orang mengatakan jika musim hujan tiba, alam akan menunjukan baktinya, misalnya saja buma bermekaran padang rumput hijau dan masih banyak lagi pemandangan menarik yang tidak akan kamu dapatkan saat mendaki gunung di musim kemarau. meskipun ada penyakit gunung yang selalu mengancam tidak hanya di musim hujan, misalnya saja penyakit ketinggian atau AMS, dan beberapa masalah lainnya.

oleh karena itu saya akan membagikan beberapa tips yang bisa anda gunakan saat mendaki gunung di musim hujan.

1. Gunakan pakaian yang tepat.

saat musim hujan, cuaca akan menjadi lebih dingin di siang hari namun akan lebih hangat di malam hari. masalahnya adalah, saat musim hujan pakaian kita akan menjadi lebih mudah basah. pakaian basah akan membuat kita kedinginan, masuk angin hingga cepat kelaelahan karna pakaian yang basah dapat menjadi lebih berat.

cara yang tepat untuk menanggulangi masalah ini, bawa dan gunakanlah pakaian yang tepat. salahsatu tips pakaian yang tepat adalah membawa atau mengenakan pakaian dengan 3 lapisan yang bagus di gunakan untuk mendaki di musim hujan. pakaian ini umumnya terdiri dari 3 layer bahan. yaitu bagian dalam, bagian tengah dan bagian luar. 

bagian dalam pakaian harus bersifat hangat dan menyerap keringat, karna berguna untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil. dan bersentuhan langsung dengan kulit.
lapisan kedua adalah bagian yng berfungsi menjaga kelembaban. pilihlah bahan yang baik seperti polar fleece atau bulu .

sedangkan untuk lapisan ketiga, disarankan anda harus menggunakan bahan yang tahan air (waterproff) tahan angin (wind Proof) dan Breathable.

2. gunakan dry bag atau trasbag sebagai lapisan dalam packing carrier

saat musim hujan pendakian sangat sering sekali di guyur hujan deras, hal ini akan membuat packingan kamu rawan basah, bayangkan saja jika kamu banyak membawa pakaian dan ketika ingin di gunakan semuanya basah, oh  god. tentu saja itu merupakan situasi yang sangat membosankan, meskipun kita telah menggunakan mantel hujan / raincoat dan raincover untuk carrier kita, namun air masih bisa untuk masuk kedalam carrier, nah menanggulangi hal ini ada baiknya kamu mengemas barang bawaan kamu ke dalam dry bag sebelum di masukan kedalam carrier atau bagi yang tidak memiliki dry bag bisa menggunakan trash bag (plastik sampah) yang masih bersih.

biasanya saya pribadi menggunakan trasbag karna lebih ringan, namun penggunaan trash bag ini juga saya lapisi dengan plastik biasa, jadi baju akan di masukan kedalam kantung plastik kecil sebelum kemudian di masukan kedalam trash bag. hall ini akan menjamin baju anda tetap kering selama pendakian.

3. gunakan pakaian yang mudah kering.

sebetulnya ini adalah perlengkapan wajib mendaki gunung dalam segala musim, mengingat di indonesiasa khusunya di gunung musim hujan dapat terjadi kapan saja. pakaian yang mudahkkering ini biasanya berbahan parasut dan lebih ringan saat di gunakan, saran saya jangan pernah mendaki gunung dengan jeans terutama di musim hujan, jeanns akan terasa lebih berat saat basah, susah kering dan tidak di peruntukan untuk aktifitas oleh raga seperti mendaki gunung, tapi gunakanlah pakaian dengan bahan parasut yang mudah kering dan nyaman di gunakan.

4. bawalah beberapa plastik cadangan

ini berguna untuk mengemas barang barang elektronik anda saat hujan, anda juga bisa membawa obat-obatan tertentu dengan jumlah yang lebih banyak daripada saat anda mendaki gunung saat musim kemarau, seperti obat masuk angin dan paracetamol. jangan lupa untuk membawa minuman hangat dan manis untuk menambah stamina, sekedar saran bawalah jahe dan gula merah karna itu sangat terasa nikmat jika di minum ketika hujan di gunung..

5. Gunakanlah Gaiters.

gaiters merupakan armor tambahan yang berguna untuk melindungi sepatu dan kaki agar saat berjalan di medan yang berlumpur, pasir ataupun air hujan tidak masuk kedalam sepatu, hal ini sangat membantu ketika anda melakukan pendakian di musim hujan atau kemarau di medan berpasir seperti semeru.

tidak kalah pentingnya gaiters dapat membantu menjaga bagian dalam sepatu anda tetap kering dan bersihh saat musim hujan, oleh karena itu jika kamu memiliki uang lebih, tidak ada salahnya untuk membeli gaiters sebelum mendaki di musim hujan.

6. jadwalkan pendakian yang cepat

saat anda mendaki di musim hujan, kususnya bagi pendaki pemula, saya sarankan untuk mendaki gunung dengan tempo waktu yang tidak terlalu lama, atau  usahakan hanya tek-tok (pulang pergi) tidak menginap dan mendirikan tenda di gunung, sebenarnya aktifitas ini kurang menyenangkan, karna mendaki gunung itu bukan kerja yang harus di kejar deadtline, namun bagi anda para pendaki pemula, mendaki gunung saat musim hujan, mendirikan tenda dan kedinginan di gunung akan menjadi pengalaman buruk di pendakian anda, meskipun banyak hal menarik di gunung saat musim hujan daripada musim kemarau. 

anda juga bisa membaca artikel saya tentang : 10 alasan orang ingin mendaki gunung



demikian 6 tips mendaki gunung saat hujan untuk pemula, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untuk anda saat mendaki gunung di musim hujan. jangan lupa untuk membuang sampahmu kembali turun, salam lestari 

#bakasura

Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post