-->

Iklan Billboard 970x250

Informasi Lengkap Pendakian Gunung Ciremai Via Jalur Apuy, Majalengka

Informasi Lengkap Pendakian Gunung Ciremai Via Jalur Apuy, Majalengka

mendaki gunung ciremai melalui jalur apuy merupakan jalur pendakian yang bisa di tempuh dari kabupaten majalengka, jalur ini akan cocok untuk anda yang berasal dari daerah bandung karena akan lebih cepat.

jalur apuy merupakan satu dari 4 jalur gunung ciremai, yaitu jalur linggar jati, jalur linggasana, jalur palutungan dan jalur pendakian gunung ciremai via apuy, semua jalur tersebut memiliki keunikan tersendiri, akantetapi sebenarnya gunung ciremai sendiri memiliki dua puncak untuk setiap pendakian dari semua jalur tersebut, yaitu jalur apuy dan palutungan yang memiliki punjak yang sama di sebelah barat, sedangkan sebelah timur ada puncak yang akan bisa di lalui dari jalur linggar jati dan linggasana.

gunung ciremai sendiri merupakan gunung tertinggi di jawa barat, gunung ciremai ini memiliki ketinggian kurang lebih 3.078 meter diatas permukaan laut, gunung ciremai via apuy merupakan jalur terpendek yang bisa dilalui oleh para pendaki gunung ciremai.  gunung ini kerap juga di sebut gunung cerme/ciremai terletak di 3 kabupaten yang berbeda yaitu, kabupaten cirebon, majalengka dan kuningan.

akantetapi jalur pendakian gunung ciremai hanya terdapat di dua kabupaten saja yaitu dikabupaten kuningan dan kabupaten majalengka, jalur apuy sendiri yang akan kita bahas di artikel ini berada di kabupaten majalengka, untuk mengetahui lebih banyak seputar jalur pendakian gunung ciremai melalui apuy mari kita bahas di artikel ini :


transportasi menuju basecamp jalur apuy. 

nah, sebelum membahas jalur apuy dan medannya, yang pertama biasanya membuat para pendaki gunung kebingungan adalah, bagaimana cara menuju basecamp gunung tersebut, oleh karena itu saya akan membahas transportasi apa saja yang bisa di gunakan ketika ingin menaiki gunung ciremai melalui jalur apuy.

jika anda menggunakan kendaraan pribadi tentu saja itu akan membuat anda lebih mudah mengakses jalur ini. anda bisa menggunakan gps google maps atau bahkan hanya mengandalkan plang penunjuk jalan yang tersedia di sepanjang jalaun, anda hanya h raus menuju daerah kadipaten majalengka dan kemudian menuju base camp apuy.

dari bandung

jika anda berasal dari bandung k=maka anda hanya perlu menaiiki kendaraan yang menuju majalengka atau cirebon, biasanya mobil yang menuju cirebon dari arah bandung akan melewati majalengka, katakan saja pada kondektur bus tersebut jika kamu ingin turun di majelengka untuk mendaki gunung cirwmai melalui jalur apuy

dari jakarta

nah mendaki gunung ciremai via jalur apuy jika anda dari arah jakarta harus berhati-hati karna pada umumnya kondektur memahami jalur pendakian melalui linggar jati yang lebih populer dan lebih cepat diakses oleh pendaki dari luar kota. carilah bus jurusan majalengka, turun di terminal kadipaten kemudian naik kendaraan umum seperti elf dan katakan saja ingin menuju jalur apuy, kemudian untuk menuju base camp biasanya bisa mencarter mobil dengan tarif sekitar 20rb per orang atau anda juga bisa tawar menawar terlebih dahulu sebelum menuju base camp, lebih banyak orang yang mencarter akan menjadi lebih murah.

dari jawa tengah

nah jika anda berasal dari jawa tengah, anda bisa mencari bus yang menuju arah majalengka, atau bandung, namun jika anda kesulitan mencari bus jurusan majalengka dari jawa tengah, anda bisa mencari bus jurusan cirebon, kemudian turun di terminal cirebon lalu mencari kendaraan elf jurusan majalengka, dan setelah itu bisa mencarter kendaraan atau mencari angkutran umum menuju basecamp apuy.

Base camp jalur Apuy

nah dari basecamp apuy ini kamu bisa mendaftar untuk melakukan pendakian gunung ciremai, biaya pendaftaran pendkian sampai artikel ini di turunkan yaitu sekitar 50.000 rupiah, pendaftaran bisa dilakukan dengan cara langsung di tempat dan biasanya buka 24 jam. biaya 50rb ini berlaku di semua jalur pendakian gunung ciremai bukan hanya di jalurapuy, uangtersebut termasuk dengan asuransi dan sertifikat hingga cindramata dan makanan selepas anda turun dari gunung ciremai. jadi, anda tidak perlu khawatir jika nanti turun gunung dalam kondisi lapar dan kehabisan makanan, karna saat tiba di basecamp kamu akan di berikan makan prasmanan oleh panitia basecamp.
peta jalur pendakian gunung apuy

biasanya anda akan di berikan peta saat mendaki melalui jalur ini, namun jika peta tersebut habis sebetulnya ini bukan masalah karna peta tersebut tidak terlalu bergiuuna mengingat jalur pendakian gunung apuy sudah cukup jelas dan tidak akan membuat anda tersesat. namun jika anda penasaran dengan peta tersebut kurang lebih petanya akan berbentuk seperti dibawah ini

pos 1(berod)

pos satu pendakian via apuy bernama pos berod dengan estimasi perjalanan sekitar 45 menit berjalan kaki dari base camp. dari pos ini katanya sih bisa menggunakan ojek, namun akan lebih nikmat jika di nikmati dengan berjalan kaki, dengan trek jalan menanjak rata dengan smen untuk menuju pos 1 berod via apuy kamu akan disuguhkan pemandangan perkebunan warga dan pemandangan gunung ciremai di depan. terdapat musolah dan tempat berwudu biasanya pos ini sering di jadikan sebagai bumi perkemahan.



pos 2 (arban)

pos dua jalurapuy dinamai arban, pos ini bisa di diakses dengan waktu tempuh kuranglebih 30 menit dari pos pertama (berod), trek menuju pos arban ini masih bisa di bilang santai, hanya saja vegetasi yang mulai berubah dari perkebunan menjadi semak-semak yang mulai rimbun.


pos 3 (tegal masawa)

pos ke 3 jalur apuy yaitu pos tegal masawa, pos tegal masawa ini bisa di tempuh dengan waktu tempuh sekitar 1 jam berjalan kaki. namun jika anda bisa berjalan dengan cepat pos ini bisa di lalui hanya dengan 45 menit perjalanan, vegetasi pos tegal masawa ini sudah mulai di dominasi oleh banyak pepohonan rimbun di sepanjang perjalanan, trek menuju pos tegal masawa ini sudah cukup menanjak namun masih bisa dikondisikan sehingga bisa dibilang trek ini merupakan awal dari trek pendakian yang mulai menguras tenaga.



pos 4 (tegal mamuju) 

pos 4 via jalur apuy bernama pos tegal mamuju, trek menuju pos ini masih di dominasi pohon rimbun dan semak belukar khas hutan tropis seperti banyak gunung lainnya di jawa barat, treknya sedikit menanjak, tapi tidak perlu khawatir, karna tanjakan dan turunan merupakan satu hal yang sama, artinya, semakin banyak anda menanjak, maka semakin banyak pula turunanya (jika turun gunung). dari pos tegal masawa menuju tegal mamuju bisa di tempuh dengan waktu kurang lebih 45 menit.


pos 5 (shangyang rangkah)

pos 5 ini di beri nama pos shangyang rangkah, di pos ini biasanya para pendaki mendirikan tenda karna ini merupakan pos terakhir yang bisa di gunakan untuk mendirikan tenda, namun jika anda masih penasaran untuk mendirikan tenda di pos yang lain anda bisa melakukannya di pos bayangan, atau carilah shalter secukupnya untuk anda sebelum goa walet, karna di goa walet sebenarnya ada larangan untuk mendirikan tenda, karna di khawatirkan terdapat gas beracun di sekitar tempat tersebut. dari pos 4 menuju pos 5 memerlukan waktu perjalanan kurang lebih sekitrar 1,5 jam ini dikarenakan dari pos 4 menuju pos 5 cukup menanjak mengakibatkan pendakian menjadi lebih lamban.


Goa walet.

seingat saya, dulu pos ini sering di jadikan tempat berkemah, karna lokasinya yang dekat dengan puncak gunung ciremai dengan vegetasi terbuka, khas seperti jalur meuju puncak.dimana pos ini dikelilingi oleh bunga edelways,selain itu pos ini juga memiliki sumber mata air, namun saat ini mata air di pos goa walet hanya ada ketika musim hujan dan itupun tidak pasti. dan saat ini pos tersebut sudah dilarang untuk di jadikan tempat berkemah


puncak

dari pos terakhir menuju puncak, vegetasi di dominasi oleh semak, setigi dan edelways, trek pendakian bisa dibliang cukup ektreme di dengan bebatuan berpasir sebagai pijakan dan masih banyak juga tanah liat yang cukup curam, ini sangat berbahaya jika di musim hujan karna akan menjadi sangat licin lebih lagi jika sepatu yang anda gunakan bukan merupakan sepatu khusu mendaki gunung. puncak gunung ciremai via jalur apuy sama dengan puncak gunung ciremai jalur palutungan, ini disebabkan, sebelum anda menuju puncak, tepatnya sebelum goa walet anda akan menemui persimpangan jalur antara jalur apuy dan jalur palutungan, puncak ini cukup lebar dan luas berbeda dengan puncak dari jalur linggar jati.
akantetapi puncak dari jalur apuy ini memungkinkan anda untuk melihat damudra diatas awan yang lebih menarik dari puncak dari jalur linggar jati yang sangat cocok untuk anda yang menikmati sunrise.

(SENGAJA TIDAK DI LAMPIRI FOTO AGAR ANDA MELIHATNYA SENDIRI DIATAS GUNUNG CIREMAI)

informasi seputar gunung ciremai


jalur pendakian gnung ciremai melalui apuy merupakan jalur pendakian terpendek, namun akses menuju basecamp apuy yang cukup jauh dan menanjak membuat jalur apuy tidak terlalu populer untuk pendaki dari luar kota yang harus menggunakan kendaraan umum, jalur apuy sendiri bisa di akses dengan mencarter kendaraan atau dengan kendaraan pribadi. seperti yang saya jelaskan di atas, mendaki jalur apuy bisa kamu lakukan dengan membayar 50rb per orang, dan jika kamu memaksakan mendaki melalui jalur apuy tanpa membeli tiket, jika ketahuan anda akan di denda sebanyak 5x dari harga tiket jalur apuy.

jika anda berencana mendaki gunung melalui jalur apuy, maka jagan lupa untuk mencari informasi terkait cuaca dan penutupan jalur anda bisa menghubungi nomer basecamp gunung ciremai (jalur apuy) pada nomer ini 0232613152. silahkan hubungi kontak tersebut untuk informasi lebih lanjut tentang jalur pendakian gunung ciremai via apuy, dan jika kamu merasa artikel ini tidak banyak membantu kamu juga bisa membaca lebihbanyak menmgenai jalur apuy pada artikel di infopendaki.com.

sumber dan reveresni :
http://adventuresenja.blogspot.com
http://eldesimedis.blogspot.com
http://infopendaki.com

Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post