-->

Iklan Billboard 970x250

10 Manfaat ekologi hutan Mangrove untuk Manusia dan lingkungan.

10 Manfaat ekologi hutan Mangrove untuk Manusia dan lingkungan.

indonesia merupakan negara kepulauan dengan lautan yang begitu luas di barengi dengan garis pantai yang begitu panjang, ini menyebabkan masyarakat indonesia tidak asing lagi dengan hutan mangrove, tapi tahukah kamu bahwa hutan mangrove ini memiliki manfaat. apasajakah manfaat hutan mangrove secara ekologis dan untuk manusia ? tapi sebelum kita membahas itu tahukah kamu apa yang dimaksud hutan mangrove.

apa itu hutan mangrove

hutan mangrove merupakan hutan yang berisi tanaman yang dapat beradaptasi dengan kadar garam di dalam air, biasanya hutan mangrove juga sebagian terendam air atau bahkan kering dan hanya terndam saat air pasang, singkatnya hutan mangrove merupakan hutan yang berisi segala jenis tanaman yang bisa tumbuh di air asin dan payau. sebagian orang salah kaprah bahwa yang di maksud hutan mangrove adalah hutan bakau saja, namun ternyata faktanya bukan demikian, ingin tahu bedanya ?.

perbedaan hutan mangrove daan hutan bakau.

seperti yang saya singgung di atas bahwa hutan mangrove merupakan hutan dengan karakteristik tanamannya yang bisa tumbuh dengan kandungan garam pada air, artinya hutan mangrove ini bisa bermakna luas dari jenis tanamannya, baik itu homogen atau heterogen, namun berbeda dengan hutan bakau, hutan bakau merupakan hutan yang ditumbuhi oleh tanaman rizoma atau tanaman bakau, tanaman bakau sendiri memeiliki beberapa jenis, dan semuanya bisa tumbuh di air asin.  bakauloh ya bukan tembakau, kalau tembakau tentu aja buat bikin rokok. singkatnya hutan bakau merupakan hutan mangrove tapi tidaak semua hutan mangrove adalah hutan bakau. akantetapi meskipun demikian hutan mangrove dan hutan bakau sama-sama pentingnya dalam menjalankan fungsi ekologis, mereka sama-sama memiliki peran penting untuk alam dan manusia, apasajakah manfaat hutan mangrove ini ? silahkan simak di bawah ini.

manfaat ekologi hutan mangrove atau menfaat hutan mangrove ini beraneka ragam, jika kamu mengunjungi web WWF kamu akan menemukan 5 manfaat ekologis dari hutan mangrove diantaranya adalah manfaat intrusi air laut, mencegah erosi dan abrasi, sebagai pncegah dan penyaring alami, sumber makanan dari beberapa satwa air dan darat, kemudian berperean dalam pembentukan daratan baru,  nah apasajakah yang di maksud tersebut, saya akan jelaskan uraiannya di bawah, dengan sedikit penambahan untuk memperkaya wawasan kita tentang manfaat hutan bakau. sebenarnya manfaat hutan bakau ini tidak sedikit bahkan sangat banyak dan perlu kita lestarikan, oleh karena itu jika kalian hidup di pesisir pantai, rawatlah hutan mangrove di tempat kalian dengan baik, jangan di tebangi secara brutal dan jangan melakukan hal-hal yang bisa mengancam ekologi nya.


10 manfaat hutan mangrove secara ekologis dan manusia.

1. menjaga pesiri dari abrasi dan erosi

tahukah kamu bahwa mayoritas tanaman hutan  mangrove memiliki akar yang kuat dan melindungi tanah, akar ini akan mencegar terjadinya erosi, yaitu pengikisan tanah akibat aliran air dan melindungi tanah dari abrasi, atau mengikisnya tanah akibat deburan ombak, jadi hutan mangrove dapat membuat tanah dan pantai lebih stabil terjaga dari pengikisan, perlu di ketahui, bahwa erosi dan abrasasi yang terus terjadi di indonesia membuat daratan menjadi semakin sempit dari tahun ke tahun. dengan adanya manfaat mangrove ini kita tidak perlu membuat tanggul untuk mencegah masuknya air laut.

2. menahan intrusi air llaut.

apa itu intrusi air laut ? ini adalah proses tercemarnya air daratan oleh air laut yang masuk kedalam tanah dan mengontaminasi air tawar sehingga rasanya menjadi payau. air yang ter intrupsi bisa kita rasahakan di banyak pesisir pantai di indonesia, biasanya jarak sekian ratus meter hingga 3 kilo meter daerah di pinggir pantai memiliki kemungkinan air tawar yang asin dari dalam tanah, sehingga tidak bisa di manfatkan untuk kebutuhan sehari-hari, tapi jika garis pantai tersebut tumbuh tanaman bakau atau mangrove maka intrupsi tersebut bisa di cegah atau di kurangi, oleh karena itu jaga lingkungan kita untuk tetap lestari, jangan sampai kita mengotori alam ekologi kita sendiri dan meracuni generasi mendatang.

3.filter alami laut.

kalian mungkin  tahu bahwa semua air akan mengalir ketempat yang elbih rendah, dimanakah itu ? jawabannya adalah laut, mungkin kamu paham betul bertapa mirisnya dungai di indonesia, dan itu akan mengarah kelaut. segala jenis pencemaran ini kemudian harus di terima lautan tanpa bisa menolaknya, namun dengan adanya hutan mangrove laut bisa saja merasa sedikit berlega hati karna semua kotoran dan limbah organik bisa di urai oleh tanaman di hutan mangrove, bahkan hutan mangrove bisa mengurai tumpahan minyak yang ada di lautan. singkatnya, maksud saya dalah kita terus dan terus mengotori alam namun sebenarnya alam punya semacam solusi untuk dirinya sendiri, untungnya sampai saat ini lam masih berbaik hati tidak memilih option untuk memusnahkan manusia, parasit kecil yang meggrogoti bumi dengan segala pembenarannya.

4.berperan dalam pembentukan pulau dan menyetabilkan pesisir.

akar tanaman mangrove yang melikuk-likuk, lebat dan padat bisa membuat sedimentasi terjadi dengan lebih cepat, hutan mangrove bisa saja berpotensi menjadi  pulau baru, secara alami hutan mangrove ini adalah salahsatu bagian dari proses terbentuknya daratan, jadi pemerintah tidak perlu repot-repot membuat reklamasi, karna hutan mangrove bisa menjadi solusi ramah lingkungan untuk membuat pulau baru, meskipun di butuhkan aktu sedikit lama, namun cara ini lebih ramah terhadap lingkungan, dan manusia. biarkan alam bekerja dengan caranya, selagi ia masih berbaik hati kepada manusia.


5. sebagai rumah dan tempat berkembangbiat binatang dan ikan.

akar hutan mangrove yang berbentuk seperti gaun perempuan abad pertengahan dengan likak likuk yang lebat membuat tempat ini menjadi sarang yang cocok untuk banyak jenis ikan berkembang biak, akar tanaman hutan mangrove dapat di manfaatkan oleh ikan kecil untuk bersembunyi dari predatornya, selain itu di dalam hutan mangrove adalah rumah tinggal dari banyak hewat seperti kera, ular, kepiting, burung, kura-kura dan masih banyak lagi.

6.fungsi ekonomi.

hutan mangrove selain menjadi lokasi yang baik untuk hewan, ternyata hutan mangrove juga bisa menjadi sangat bermanfaat untuk manusia loh, misalnya saja manusia dapat memanfaatkan sumberdaya di hutan mangrove tersebut, dan di lakukan dengan bijak, salahsatu hutan mangrove yang bisa di manfaatkan dengan baik adalah hutan mangrove di tegal dan di indramayu yang di jadikan sebagai tempat wisata

7.tempat mengembangkan ilmu pengetahuan

hutan mangrove bagi sebagian orang di pandang dengan sebelah mata, namun banyak ilmuan dan kaum terpelajar begitu tertarik untuk mempelajari hutan mangrove, hal ini bukannya tanpa sebab, minat yang tinggi untuk mempelajari hutanmangrove merupakan bagian dari kesadaran manusia bahwa ia hidup di tengah alam dan harus mempelajarinya untuk menjaga kelestariannya.

8.sumber pakan ternak

nah, mungkin anda tidak terlalu tahu jika beberapa tanaman di hutan mangrove bisa di konsumsi oleh ternah atau bahkan manusia.. anda bisa mempelajari makanan apa saja yang bisa di makan di hutan mangrove akan saya ulas pada artike di lain waktu.

9.mecegah pemanasan global

perubahan iklim, pencemaran udara, dan masalah lain yang banyak timbul akibat polusi dan penggundulan lahan hijau oleh manusia sudah semakin bisa kita rasakan, hutan mangrove mungkin bisa menjadi salahsatu bagian penting untuk menghadapi inin semua, seperti kebanyakan tumbuhan, hutanmangrove akan memproduksi o2 dan menjaga lingkungan tetap sejuk dan asri.

10.menahan glombang tinggi.

ini semoga menjadi manfaat yang tidak akan di gunakan manfaatnya, karna siapapun tentunya tidak ingin terjadi bencana, apalagi sunami, tapi tahukah kamu hutan mangrove yang bagus dapat menahan trsunami dan mencegah kerusakan yang parah, oleh karena itu mari kita rawat hutan kita dengan sebaik-baiknya.

nah itudia beberapa manfaat hutan mangrove yang bisa saya sampaikan, sebenarnya masih banyak lagi manfaat hutan mangrove yang bisa kita pelajari, namun karna artikel ini akan terlalu panjang jika semua itu di tulis, saya hanya menuliskan 10 manfaat hutan mangrove saja dalam artikel ini. namun saat ini garis pantai indonesia yang panjang ini sedang mengalami banyak kerusakan.

kerusakan hutan mangrove bisa di sebabkan oleh banyak sebab, salahsatunya adalah manusia, oleh karena itu saya menulis artikel ini untuk mengingatkan kita semua bahwa alam khusunya hutan mangrove telah memberikan banyak manfaat bagi masyarakat pesisir mungkin salahsatunya adalah anda, oleh karena itu apasalhnya kita jaga hutan mangrove kita mengingat indonesia merupakan negara dengan kawasan mangrove terbesar di dunia. jadi kita rawat hutan mangrove kita untuk diwariskan kepada generasi mendatang.

terimakasih telah membaca 10 manfaat ekologi hutan mangrove, semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua, sampai jumpa di artikel berikutnya.
salam lestari, bakasura.web.id

Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post