-->

Iklan Billboard 970x250

5 cara menghindari serangan babi hutan di gunung

5 cara menghindari serangan babi hutan di gunung

Melakukan kegiatan di alam bebas berarti anda akan menghadapi banyak resiko yang mengancam, salahsatunya adalah serangan binatang, mungkin anda sudah sering mendengar bahwa di beberapa gunung masih banyak terdapat hewan buas, salah satu yang sering mengganggu adalah babi hutan, oleh karena itu dalam artikel ini saya ingin membagikan 5 cara yang bisa menyelamatkan kamu dari serangan babi hutan dimalam hari
5 Cara ini Akan Menyelamatkan Kamu Dari Serangan Babi Hutan Gunung di Malam Hari

diserang oleh babi hutan adalah situasi yang sangat tidak menyenangkan, apalagi jika anda sedang terlelap tidur kemudian suara babi mengendus2 sambil mengoyak bagian luar tenda anda yang tentu saja akan menjadi rusak. saya sendiri pernah mengalami serangan babi hutan ini di pos 3 gunung sindoro via kledung, saat itu kami dan rombongan berkemah di pos 3 karna wilayahnya yang cukup luas dan nyaman, tak disadari malampun tiba dan karna pendakian yang melelahkan kami bergegas tidur dan tidak memperhatikan kebersihan sisa makanan diluar tenda, namun tidak di sangka malam hari suara2 mengagetkan mengejutkan kami dari luar tenda, 

setelah kami keluar ternyata babi hutan sedang berusaha masuk ke dalam tenda, meskipun tenda kami berhasil selamat, namun akhirnya tidur kami terganggu dan kami memutuskan untuk jaga malam secara bergantian.. dari pengalaman ini kami akhirnya belajar sesuatu, tentang antisipasi dari serangan babi hutan ini,

melalui pengalaman tersebut saya ingin berbagi 5 tips yang bisa menyelamatkan anda dari serangan babi hutan di gunung. namun perlu anda ketahui, bahwa cara ini bersifat antisipasi jadi anda harus mempersiapkan ini sebelum terjadinya serangan, jika terlanjur menyerang maka kalian cukup mengusirnya, bagaimanapun juga meskipun hewan ini menyandang status mugholadoh, hewan ini tetap rendah diri dan selalu menunduk, apalagi di hadapan manusia. dia akan lari ketakutan hanya dengan suara-suara mengusir dari manusia.nah langsung saja silahkan simak 5 tips menghindari serangan babi hutan di gunung di bawah ini

5 cara menghindari serangan babi hutan di gunung
babi hutan

5 cara mengatasi serangan babi hutan di gunung.


1. Membuat pagar Pembatas Dengan Ranting pohon.

anda bisa menancap-nancapkan ranting yang kuat dan bisa juga anda buat sehingga menjadi runcing untuk mengusir atau menghindari babi hutan ini, buatlah pagar ranting di sekitar tenda anda, ini sangat berguna untuk mencegah babi hutan menerobos masuk tenda anda. caranya adlah, carilah ranting pohon yang sudah terjatuh ataupun yang masih segar,e kemudian buatlah kedua ujungnya runcing, salahsatu ujung di tancapkan ke tanah, usahakan untuk membuat pagar ini agak miring kearah luar agar saat babi mendekat dia akan tertusuk dan akan pergi dari sekitar tenda anda.

2. jika di keejar, berlari zigjag

meskipun hewan mugholadoh yang selalu merunduk ini takut dengan manusia, namun ada beberapa kasus saat mereka terdesak, mereka akan balik menyerang manusia, ini adalah bagian dari insting bertahn hidup yang di miliki oleh babi, oelh karena itu jika anda sedang mengusir babi hutan dan di serang babi, maka cara yang tepat adalah berlari zigzag karna babi hutan tidak bisa berlari zigzag dan cenderung berlari lurus, ini karena babi hutan tidak memiliki leher dan ekor yang menunjang untuknya berlari zigzag.

3. membersihkan makanan dan sisa makanan sebelum tidur

pahami bahwa kedatangan babi hutan akibat dari bau makanan yang di bawa oleh manusia, oleh karena itu simpan atau buanglah sisa makanan di tempat yang jauh dari tenda, jangan malas untuk mencuci atau membersihkan sisa makanan dantempat makanan kita, ini akan menghindari anda dari serangan babi hutan di malam hari. akan lebih baik jika semuanya anda kemas di dalam plastik dan di letakan di tempat yang tinggi , pastikan di dalam tenda anda hanya terdapat perlengkapan tidur dan barang-barang penting lainnny6a, seddangkan makanan harus dikemas dengan rapih agar tidak mengundang datangnya babi hutan.

4. menggantung persediaan makanan di pohon

ini adalah tips yang saya dapatkan dari bang fiersa besari, cara kerjanya adalah mengenali musuh kita sendiri, dalam hal ini tentunya adalah babi hutan, untuk selamat dari babi hutan, maka cara yang tepat adalah meletakan makanan kita di tempat yang tinggi, karna babi hutan tidak bisa memanjat. silahkan lakukan tips ini maka makanan anda akan aman, kecuali jika di daerah tersebut terdapat monyet, maka itu akan menjadi cerita yang berbeda.

5. Tidak mendirikan tenda di jalur babi


serangan babi dapat terjadi apaila mereka merasa terganggu dengn kehadiran kita, ataupun untuk mencari sisa makanan yang kita miliki, namun hal ini bisa di hindari dengan tidak mendirikan tenda  di wilayah perburuan makanan babi hutan tersebut.

nah itu dia 5 tips atau cara menghindari serangan babi hutan.bagaimanapun juga melihat babi hutan adalah poin bonus tersendiri karna kita masih berkesempatan melihat binatang yang hidup di alam bebas, namun jika babi hutan itu mengganggu aktivitas kita, mungkin itu sudah merupakan hama, namun bukan berarti kita berhak membunuh mereka, karna mereka justru merupakan tuan rumah di gunung tersebut, anda hany pengunjung dan tamu sudah selayaknya berkewajiban untuk menjaga habitatnya tetap lestari, jika anda mengganggu babi hutan di gunung, ada kemungkinan mereka akan turun ke pertanian warga dan justru menimbulkan lebih banyak kerugian.

sebagaimanusia yang di anugrahi kebijaksanaan, alangkah lebih baiknya jika kita selalu merawat keseimbangan ini, sedikit serangan dari babi hutan bisa kita antisipasi dengan 5 cara diatas, namun jika keseimbangan alam mulai goyah maka, 5 cara diatas tidak akan berguna lagi.
salam lestari

#bakasura

Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post