-->

Iklan Billboard 970x250

Photo Pria Membuang sampah saat Petugas Kebersihan sedang Membersihkan Kali Menjadi Viral

Photo Pria Membuang sampah saat Petugas Kebersihan sedang Membersihkan Kali Menjadi Viral

photo pria membuang sampah saat petugas kebersihan sedang membersihkan kali menjadi viral
saya sudah habis akal untuk memikirkan bagaimana caranya untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat indonesia akan kebersihan lingkungan, mereka hanya egois untuk menjaga lingkungan (rumahnya ) bersih namun melupakan lingkungan yang lebih luas di seklilingnya. inilah prilaku egois dari masyarakat kita yang selalu saja menginginkan untung sendiri, dilihat oleh tetangga dan masyarakat lainnnya bahwa rumahnya bersih namun ternyata sampahnya di baung sembarangan di aliran kali . apakah anda waras ?

belakangan telah tersebar foto seorang lelaki yang sedang membuang smpah cair dan sampah dapur dengan menggunakan ember yang di buang di saluran air, padahal dapat dengan jelas terlihat bahwa saluran air tersebut sedang di bersihkan oleh petugas kebersihan, untuk menganggulangi banjir akibat sampah dan pendangkalan sungai. saya sendiri tidak habis pikir melihat poto di bawah ini :




kita sebagai manusia yang telah hidup sekian puluh bahkan ratusan abad harusnya bisa setidaknya memiliki sedikit saja kearifan untuk menjaga alam agar tetap lestari, paling tidak agar lingkungan tidak berbalik menyerang kita karna prilaku buruk kita terhadap lingkungan.


rilis berita baru-baru ini menyebutkan bahwa indonesia telah menempati peringkat kedua pembuang sampah plastik ke laut terbesar di dunia, tentu saja kita tidak secara langsung membuang sampah ke laut, kita membuangnya ke sungai dan kemudian mengalir kelaut.

sadarkah anda akan bagaimana perjalanan sampah tersebut ? sampah ini tentu saja akan hanyut menuju laut, tapi sebelum itu apakah anda memikirkan bagaimana nasib orang yang tinggal di sekitar sungai, yang harus merasakan bau busuknya sisa makanan kalian, belum lagi tersumbatnya air yang kemudian membuat banjir dan menyusahkan masyarakat banyak, atau sumbatan air yang menyebabkan berkembangnya bakteri hingga jentik nyamuk yang membahayakan ? sampah sampah ini akan menjadi masalah bagi banyak orang, setelah anda membuangnya di sungai dan menjadikan halaman anda bersih, tapi tahukah anda ini adal;ah periilaku kejam yang berantai? atau bagi kaum yang beragama mengatakan ini adalah dosa zariah. 

satu sampah yang anda buang ke suangai akan menyusahkan setidaknya satu orang hingga beberapa banyak masyarakat, itu jika anda hanya memikirkan aspek manusia, namun jika anda mau berfikir lebih jauh tentang sampa ini, membuang sampah ke suangai akan mengotori air dan hanyut menuju laut yang kemudian mencemari lautan, 

baru-baru ini banyak penelitian mengungkapkan bahwa banyak hewan laut yang kemudian mati akibat dari pencemaran plastik yang menghasilkan mikro plastik, tidak sampai di situ ikan yang tercemar mikro plastik bisa saja di tangkap oleh nelayan dan di konsumsi oleh manusia.

apakaha anda wahai para manusia yang budiman tidak pernah memikirkan itu semua ? berapa besar kerusakan yang akan kalian timbulkan hanya dengan membuang sampah, saya tidak akan memaksa anda untuk memarahi orang yang membuang sampah di aliran sungai atau dimanapun secara sembarangan, tapi tolonglah munculkan kesadaran akan lingkungan terutaama untuk dirimu sendiri, keluargamu, sahabatmu dan lingkunganmu.

dimana lagi kita akan tinggl jika setiap harui pelanet ini terus saja kita cemari. perlahan tapi pasti manusia akan membunuh kaumnya sendiri.

salam lestari...


Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post