-->

Iklan Billboard 970x250

Mengenal SurvivalKit Dan Benda Yangwajib Ada didalamnya

Mengenal SurvivalKit Dan Benda Yangwajib Ada didalamnya

Mengenal survival kit dan benda apa saja yang wajib ada di dalamnya
ketika melakukan aktivitas di alam bebas, misalnya saja gunung, hutan, daerah mangrove atau wilayah lain yang memiliki resiko yang tinggi ada baiknya jika kita mempersiapkan semua persiapan dengan matang, termasuk untuk mempersiapkan situasi terburuk dalam sebuah perjalanan anda menikmati alam bebas.

Mengenal SurvivalKit Dan Benda Yangwajib Ada didalamnya
survival by pixabay.com


ketika anda berada di gunung atau hutan, bisa jadi anda adalah satu-satunya manusia di tempat tersebut, hal ini akan membuat anda harus mengerahkan segala kemampuan yang anda miliki untuk bisa bertahan hidup, jika terjadi masalah dengan petualangan anda misalnya saja anda hilang di gunung.

ketika anda menjadi survivor atau orang yang sedang melakukan survival di gunung, anda harus tetap tenang, ini berlaku dimanapun medan yang anda tempuh, baik gunung, hutan maupun rawa. atau bahkan di dalam gua. jika anda tersesat dan hilang terpisah dari rombongan, usahakan untuk tetap tenang, karna ketenangan bisa membuat anda berfikir dengan jernih, segeralah melakukan pengamatan sekeliling, menentukan posisi anda sekarang, usahakan untuk tidak banyak bergerak jika anda bingung menentukan arah, jika anda tersesat, maka carilah sumber air, karna anda tidak akan bisa bertahan hidup lama jika tidak memiliki air, manusia bisa hidup beberapa hari tanpa makanan, namun manusia tidak bisa bertahan lama tanpa air, oelhkarenanya, jika anda tersesat segeralah mencari sumber air, baik itu dari embun. akar-akaran, ataupun menuju lembahan. dan selalu meninggalkan jejak yang mencolok agar tim sar bisa menemukan anda dengan mudah.

banyak kasus tersesat di gunung yang berakhir dengan kematian, ini bisa diakibatkan oleh berbagai sebab. namun hal ini bisa di tanggulangi dengan berbagai persiapan yang matang, salahsatunya adalah selalu membawa survival kit. apa itu survival kit ?

Apa itu survival kit

survivalkit merupakan perlengkapan tertentu yang wajib di bawa oleh setiap pendaki atau orang yang melakukan kegiatan outdor, perlengkapan ini merupakan sekumpulan alat yang akan di gunakan dalam kondisi terdesak untuk menunjang keberlangsungan hidup seorang survivor. sebuat survivalkit kecil sederhana bisa berisi beberapa alat yang sangat penting di gunakan untuk bertahan hidup di alam, misalnya saja pisau, silet, jarum dan benang, peniti, dan korek api, di muat kedalam wadah yang bisa tahan terhadap air agar tidak basah ketika hendak di gunakan.

yang harus ada dalam survival kit

seperti namanya, survival kit harus berisi benda-benda yang bisa menunjang kelangsungan hidup seorang survivor, benda-benda yang saya maksud ini merupakan perlengkapan pengobatan, pertahanan diri dan berburu, penghangat, dan perlengkapan perbaikan untuk menjaga apabila pakaian kita  atau tas kita robek. untuk lebih jelasnya kita akan menyebutkan beberapa daftar perlengkapan survival yang sangat sederhana, survival kit inni wajib anda bawa dalam setiap perjalanan pendakian anda.

1. p3k

perlengkapan pertolongan pertama kecelakaan, dan perlengkapan kesehatan lainnnya sangat di butuhkan dimanapun keberadaan anda karna kecelakaan bisa menimpa siapa saja, apalagi di gunung atau hutan, anda bisa saja terjatuh atau  terkena musibah lainnnya oleh karena itu P3K merupakan hal wajib yang harus kamu bawa dalam setiap pendakian kamu, namun biasanya saya mempersiakan P3k Yang lebih sederhana dalam kotak survivalkit saya. kotak survival ini berisi barang-barang yang sudah saya seleksi terlebih dalu kebergunaannya, namun jika anda mempunyai survivalkit set yang anda beli maka itu akan menjadi lebih baik karna isinya sudah cukup lengkap biasanya berisi 14 benda samapi 20 benda dalam satu wadah, namun karna ini adalah tulisan untuk kamu yang tidak memiliki survivalkit, survivalkit yang saya sebutkan ini hanya alat-alat inti survival saja.

2. jarum, benang & peniti

perlengkapan ini sangat berguna jika pakaian anda robek terkena ranting atau sebab lainnya karna jika pakaian kita rusak atau robek, pakaian akan berkurang fungsinya untuk melindungi kita dari dingin, ini juga bisa berguna ketika tas anda robek atau terjadi masalah lainnnya dengan kain anda, selain itu benang juga bisa bermanfaat jika kamu tersesat, benang bisa kamu gunakan untuk membuat jerat burung ataupun untuk menangkap ikan.
perlengkapan survival lain yang bisa anda bawa selain jarum, peniti dan benang adalah lem sepatu, saya biasanya membawa lem korea/H-Q lem ini biasanya di jual di toko material dengan harga 5-10 ribu namun memiliki daya rekat yang cukup baik.

3. pisau atau silet

semua orang mempunyai gayanya sendiri, namun biasanya saya membawa 2 benda ini sekaligus, pisau biasanya saya gunakan untuk keperluan yang memerlukan alat yang tajam, baik untuk mencari makanan atupun untuk bertahan apabila ada serangan binatang buas, namun silet akan saya jaga untuk tetap steril di penyimpanan, gunanya adalah untuk melakukan pembedahan kecil apabila saya terluka dan membutuhkan pisau yang tajam, misalnya saja mengeluarklan bisa ular, namun silet juga bisa saya gunakan untuk menjadi barang substitusi jika pisau saya hilang.

4. pemicu api

dewasa ini banyak sekali jenis korek api yang dijual di pasaran, di toko outdor banyak menjual korek yang diperuntukan untuk kegiatan survival, namun jika anda tidak memiliki korek api yang khusus olahraga outdor kamu bisa menggunakan korek api biasa yang di simpan dengan baik agar tidak basah atau rusak saat ingin di gunakan.

korek api ini adalah sumber penghangat paling penting, karna api adalah sesuatu yang berharga untuk anda jika anda tersesat di gunung, bisa di jadikan pelindung, penghangat dan tanda. untuk berjaga-jaga jika kayu basah, anda juga bisa membawa lilin saat mendaki gunung.

5. tali/ senar

jika anda ingin melakukan perjalanan atau petualangan ke hutan atau rawa membawa senar adalah pilihan yang tepat karna senar bisa di gunakan untuk membuat jerat dan memancing, namun jika kamu ingin mendaki gunung saya pikir kamu tidak perlu membawa ini, cukup benang jaik dan tali saja atau bisa juga dengan membawa webing.

6. pluit dan atau penanda sos lainnya

nah, ini adalah alat yang sangat penting jika kamu tersesat di gunung. kamu harus membawa pluit krana pluit bisa menjadi alat untuk berkomunikasi dan menandakan keberadaan kamu saat kamu sudah tidak bisa berteriak karna lemas, ada baiknya juga kamu mempelajari bagaimana cara membuat sinyal SOS dengan peralatan seadannya.

peralatan pendukung

biasanya perlengkapan survival yang saya sebutkan diatas adalah perlatan yang sering saya bawa, karna simple dan tidak membutuhkan banyak ruang, namun beberapa orang menambahkan perlengkapan survival lainnya seperti peta dan alat navigasi darat, namun bagi saya pribadi peta dan kompas tidak saya masukan kedalam survival kit karna itu adalah perlengkapan navigasi yang terpisah dari survival kit, biasanya saya membawa peta kontur jika ingin mendaki gunung yang belum pernah saya naiki atau sekedar berpetualang di alam bebas yang belum pernah saya jamah, ini akan membantu anda melihat ketinggian dan menentukan posisi anda di dalam hutan.

berbagai perlengkapan pendukung pendakian lainnnya biasanya disiapkan oleh orang-orang yang lebih waspada, misalnya saja senter, ponco dan sebagainya, namun itu adalah perlengkapan wajib, sedangkan perlengkapan survival lain merupakan perlengkapan darurat saja. membawa banyak perlengkapan ini akan menjadi lebih baik, namun perhatikan juga kapasitas tempat dan beratnya, karna survivalkit harusnya adalah alat yang bisa kamu bawa kemanapun dan bisa di gunakan kapanpun, jika memakan ruang atau terlalu berat survivalkit akan sangat sulit untuk di bawa.

itulah beberapa perlengkapan survival yang bisa anda bawa, ingatlah jika anda tersesat di gunung, maka anda harus tetap tenang, sadari posisi dan keberadaan anda, carilah sumber air untuk bertahan hidup, dan tinggalkan tanda keberadaan anda, jangan memperburuk keadaan dengan melakukan tindakan bodoh yang tidak perlu. tetap hati-hati dan selalu waspada.

salam lestari.

#bakasura
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post