-->

Iklan Billboard 970x250

rekomendasi 10 tempat panjat tebing terbaik di indonesia

rekomendasi 10 tempat panjat tebing terbaik di indonesia

untuk kamu penggiat olahraga panjat tebing, khusunya rock climbing harus coba tebing yang saya rekomendasikan ini.


rock climbing, atau lebih familiar disebut oleh orang indonesia sebagai olehraga panjat tebing ini merupakan olehraga yang akan memicu adrenalin kamu terpompa dengan luarbiasa aktif, olah raga panjat tebing ini merupakan salahsatu dari sekian banyaknya olahraga di alam bebas, biasanya olehraga ini digunakan untuk mendaki gunung atau tebing tanpa berjalankaki dan dengan menaiki tebing yang memiliki kemiringan 45 drajat, panjatebing sendiri merupakan sebuah olahraga yang telah resmi di lombakan.  tidak semua tebing bisa di gunakan untuyk olahraga ini, ada beberapa karakteristik tebing yang bisa di gunakan untuk memanjat, misalnya saja komposisi tebing harus merupakan batuan yang saling mengikat. Di wilayah Indonesia sendiri banyak di temui tebing-tebing yang cocok dan sesuai untuk olah raga panjat ini. Dan berikut ini adalah 10 tempat terbaik untuk panjat tebing yang ada di berbagai daerah di Indonesia diurutkan dari sumatra hingga papua;


 Tebing Bongkok 

mungkkin sebagian teman-teman yang tinggal di jawa barat mengetahui tebing ini, tebing bongkok yang berlokasi di desa sukamulya, kabupaten purwakarta, jawabarat ini merupakan tebing yang memiliki komposisi batuan andesit. untuk memanjat tebing bongkok ini, telah tersedia tiga jenis jalur pemanjatan, dengan tinggi jalur kuranglebih 40 meter dan lebar sekitar 25 sampai 27 meter, saya pikir tebing ini akan memuaskan hasrat anda untuk menaklukan tebing ini.
tebing bongkok

 Tebing Pantai Siung 

menurut berbagai literasi, tebing siung merupakan kumpulan dari banyak jalur panjat yang bisa memanjakan penikmat olahraga ini. Tebing ini berada di kawasan Pantai Siung Gunung Kidul Yogyakarta, dengan ukuran tebing yang tidak terlalu tinggi yaitu hanya sekitar 10 sampai 15 meter. Di kawasan ini terdapat jalur pemanjatau dengan grade (system penilaian tingkat kesulitan dalam panjat tebing ) yang berbeda-beda, mulai dari 5.9 hingga 5.13. Untuk jalur pemanjatan setidaknya ada 250 jalur yang berpotensi di buat, akan tetapi jalur yang ada saat ini baru 65 jalur.
keunikan tersendiri dari tebing pantai siung adalah lokasinya yang di tepi pantai membuat pemanjatan menjadi lebih menantang karna situasi cuaca yang panas dan angin yang cukup kencang, namun itu akan terbayarkan dengan pemandangan yang bisa anda dapatkan.
tebing pantai siung

baca juga : Tips mendaki gunung saat musim hujan, mendaki dengan tetap aman dan nyaman

Tebing Gunung Padang 

sesuai namanya tebing gunung pada ini terletak di kota padang sumatra. tebing ini memiliki ketinggian hingga 30 meter dengan tingkat kesulitan yang sangat bervariasi, namun pada umumnya pegangan tebing untuk memanjat pada tebing ini sangat tipis sehingga akan menambah tantangan tersendiri bagi para penggiat olah raga panjat tebing ini, bagi anda yang berlokasi di sumatra mungkin bisa sesekali berkunjung ke tebing padang ini. karna selain untuk aktifitas panjat tebing, tebing padang ini juga lumayan bagus untuk spot poto instagramable.
tebing gunung padang

 Tebing Lembah Harau 

masih di sumatra barat, tebing lain yang bisa anda coba adalah tebing lembah harahu, tebing ini sebenarnya merupakan tebing yang terletak di daerah ngarai yang berlokasi di dekat kota payakumbuh, Kabupaten Limapuluh kota, Propinsi Sumatera barat. uniknya, tebing ini memiliki puluhan jalur pemanjatan yang terdidri dari beberap[a komplek pemanjatan, trek panjatnya berfariasi dari tingkat kesulitan mudah hingga yang sulit,  Dengan ketinggian mulai dari 80 sampai 300 meter, cukup lengkap dan menarik bukan, bisa di bilang daerah ini adalah surganya olahraga rock climbing.
lembah harau

 Tebing Citatah 

tebing ini cukup terkenal dikalangan para pecinta alam, tebing citata ini merupakan tebing yang berlokasi di jawa barat khususnya wilayah citatah, kabupaten bandung barat. tebing citatah juga memiliki ketinggian dan jalur panjat yang bervariasi mulai dari 40 hingga 120 meter.lebih lengkapnya . Citatah memiliki tiga tebing panjat yaitu Tebing Citatah 48, Tebing Citatah 90 dan Tebing Citatah 125. Tebing Citatah 48 memiliki ketinggian sekitar 40–50 meter sehingga di sebut tebing Citatah 48. Sedangkan Tebing Citatah 90 memiliki ketinggian sekitar 90 meter dari permukaan tanah. Dan yang terakhir Tebing Citatah 125 yang memiliki ketinggian tebing 125 meter.
tertarik untuk menaiki tebing ini ?, pastikan anda telah  mempelajari olahraga rock climbing ini terlebih dahulu ya. dan utamakan keselamatan.
tebing citatah


Tebing Ciampea 

Tebing ini berlokasi di daerah Ciampea atau sebelah selatan dari pusat kota Bogor. tinggi Tebing disini memiliki ketinggian mulai dari 30 sampai 50 meter dan memiliki lima jalur pemanjatan yang sudah tersedia. Jalur pemanjatan di tebing Ciampea memiliki tingkat kesulitan yang cukup mudah, sehingga cocok di jadikan sebagai tempat latihan para pemula yang ingin belajar teknik-teknik olahraga rock climbing.


tebing ciampea

Tebing Uluwatu 

berlokasi di pulau dewata, tebing uluwatu merupakan tebing yang memiliki karakteristik mirip dengan tebing siung di gunung kidul, mengapa demikian? ini dikarenakan lokasi tebing uluwatu ini yang berada di bibir pantai sama dengan tebing siung. namun tidak bisa di pungkiri tebing ini jauh lebih tinggi dari tebing pantai siung, tebing ulu watu memiliki ketinggian 75 hingga 100 meter. tebing ini berlokasi di sisi selatan pulau bali, untuk jalur panjatnya sendiri tebing ulu watu ini cukup berfariasi, mulai dari yang sedang hingga sulit. namun tantangan tersendiri adalah batuan tebing ulu watu ini lebih tajam dari tebing di daerah lain. jadi tetap berhati-hati ketika melakukan pemanjatan.
uluwatu

Tebing Bukit Kelam

setelah jalan-jalan ke bali, kita naik prahu ke kalimantan, dikenal dengan dataran rata bahkan tanpa gunung berapi, kalimantan ternyata memiliki tebing yang cukup terkenal loh, yaitu tebing bukit kelam, Tebing ini terletak di Kecamatan Kelam permai, Kabupaten Sintan, Propinsi Kalimantan barat. tebing bukit kelam memiliki komposisi batuan andesit yang menjulang hingga ketinggian 900 meter dari permukaan laut, dan memiliki tebing vertical setinggi 600 meter.  sangat tinggi bukan ? bagi anda tingkat provesional bisa mencoba untuk menaklukan tebing ini.
tebing kelam

Tebing Bambapuang 

selanjutnya, kita akan bergeser ke pulau sulawesi. ysitu tebing bambapuang, Tebing yang terletak di desa Kotu, Enrekang, Sulawesi Selatan ini memiliki ketinggian 350 meter. nah tebing ini sangat menarik bagi para pemanjat tebing, karena, selain jalurnya yang menantang dan ketinggiannya yang cukup tinggi, tebing bambapuang ini juga harus memliki persiapan yang ekstra sebelum memulai memanjat, karna untuk menyelesaikan 1 jalur panjat. pendaki mungkin akanmemerlukan waktu beberapa hari.
tebing bambapuang

 Tebing Carstensz Pyramid 

tiba juga di tebing yang kita tunggu-tunggu karana merupakan bagian dari rangkaian 7 puncak dunia, yaitu Tebing Carstensz Pyramide Pegunungan, Jayawijaya yang berlokasi di Papua memiliki dinding tebing terjal dari batuan andesit setinggi 200 meter di sisi selatan Lembah Kuning. Tidak semua orang bisa mencapai tebing tersebut, karena terletak di tengan pegunungan paling tinggi di Papua. ini akan menjadi cerita dan kebanggaan tersendiri jika anda bisa menaklukan tebing ini.
carstenz pyramid

selain tebing yang saya sebutkan di atas tadi, masih banyak tebing lain di indonesia yang bisa anda jelajahi, mengingat negri ini begitu luas dan indahnya, akan tetapi karna keterbatasan informasi dan mencegah anda untuk bosan membaca artikel ini, kami telah merangklum tebing-tebing yang menarik ini berdasarkan lokasinya di indonesia mulai dari sumatra, jawa, bali, hingga ke papua.
artikel ini di sarikan dari artikel 10 tempat terbaik untuk melakukan olahraga panjat tebing di blog aliedista.wordpress.com
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post