-->

Iklan Billboard 970x250

Kawasan Gunung Bromo Kebanjiran ! Lah Kok Bisa, Ternyata ini Penyebabnya.

Kawasan Gunung Bromo Kebanjiran ! Lah Kok Bisa, Ternyata ini Penyebabnya.

Beberapa waktu lalu tepatnya pada tanggal 25 januari 2019 warga di kawasan taman nasional gunung bromo (TNBTS) dikejutkan dengan fenomena alam yang sangat langka dan mengejutkan, bagimana tidak, kawasan taman nasional gunung bromo yang seharusnya merupakan tempat di dataran tinggi selalu kering karna curah hujan akan selalu turun dan menyerap ke tanah ini kebanjiran.
fenomena alam unik ini terjadi pada pukul 14.00 hingga 17.00 waktu setempat. mereka mengatakan bahwa saat itu aliran air menggenangi padang pasir gunung bromo yang tersohor karna keindahannya itu.

usut punya usut, setelah di selidiki oleh wartawan idntime, yang mewawancarai kepala sub bidang data evaluasi pelaporan dan humas taman nasional gunung bromo tengger semeru (syarif hidayat) mengatakan bahwa banjir di padang pasir gunung bromo tersebut bukanlah fenomena yang luar biasa, menurutnya banjir di padang pasir gunung bromo ini bisa di katakan sebagai fenomena yang wajar.

laut pasir bromo merupakan lembahan yang terletak di antara beberapa pegunungan, yaitu pegunungan tengger, bromo, batok, widodaren eatengan, dan keciri,syarif menambahkan bahwa air tersebut disebabkan dari curah hujan yang tinggi di pegunungan bromo, begitulah penuturannya pada wartawan antara.

banjir yang berlangsung tidak bertahan lama

kita tahu bahwa lautan pasir bromo merupakan dataran rata yang di dominasi oleh tanah pasir, dan sifat pasir tidak bisa menahan air terlalu lama di permukaan, air akan sangat cepat turun ke dalam tanah, ini akan membuat banjir tidak bisa bertahann lama, sebelum kemudian air terserap di dalam tanah. hal ini dibuktikan dengan banjir yang berlangsung cukup singkat, yaitu hanya berlangsung beberapa jam saja.

himbauan untuk tidak melintasi padang pasir saat atau setelah hujan deras agar tidak terjebak banjir.

syarif menyarankan agar wisatawan dan warga setempat tidak melintasi padang pasir untuk sementara waktu mengingat cuaca masih extreme dan curah hujan di prediksi masih cukup tinggi, maka untuk menjaga agar tidak terjebak banjir, ada baiknya untuk tidak melintasi lautan pasir sementara waktu.

warga dan wisatawan dimanta untuk tetap tenang

berkaitan dengan hal tersebut banjir di lautan pasir buakn sesuatu yang harus di takutkan mengingat itu adalah fenomena alam yang bisa saja terjadi akibat dari hujan lebat yang mengguyur bromo, oleh karenanya syarif meminta wargga dan wisatawan untuk tetap tenang, ketenangan dan kewaspadaan akan membuat kita jernih untuk berfikir dan melakukan tindakan yang tepat.


nah demikian fakta yang bisa kami sampaikan terkait dengan fenomena banjir di pegunungan bromo. semoga dapat memberi andainformasi yang bermanfaat, sebaiknya untuk beberapa waktu anda tidak berkunjung ke lautan pasir sampai cuaca cukup mendukung, namun bagi anda yang tertarik untuk menikmati fenomena alam yang terjadi di sana saat musim hujan, silahkan lakukan persiapan dan perencanaan yang matang agar perjalanan anda menjadi lebih menyenangkan.

#bakasura
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post