-->

Iklan Billboard 970x250

Semua Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutp Sebulan, Simak Penyebabnya Disini.

Semua Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutp Sebulan, Simak Penyebabnya Disini.

semua jalur pendakia merbabu di tutup selama sebulan, simak penyebabnya di sini.
waduh, aktifitas pendakian gunung merbabu kembali di hentikan, semua jalur pendkian gunung cantik di jawa tengah ini di tutup semantara dari tanggal 20 mei, hingga 20 juni nanti. penutupan gunung merbabu ini bukannya tanpa sebab, konon jalur pendakian gunung engalami kerusakan parah sehingga butuh waktu perbaikan, simak selengkapnya di bawah ini.
Semua Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutp Sebulan, Simak Penyebabnya Disini.


setelah sebelumnya saya menulis tentang penutupan gunung ciremai selama ramdhan untuk pemulihan habitat satwa dan fauna di sekitar gunung ciremai, kali ini kabar penutupan jalur pendakian juga datang dari gunung merbabu, gunung yang berlokasi di jawa tengah atau lebih tepatnya di kabupaten semarang boyolali dan megelang ini memang merupakan salahsatu primadona pendakian di indonesia lantaran keindahannya gunung ini seringkali memiliki daya tarik luarbiasa bagi para pendaki yang ingin menikmati keindahan di alam bebas. tapi sayangnya bagi kamu yang ingin melakukan pendakian dalam waktu dekat ini harus mengurungkan niat tersebut.

melalui surat pengumuman yang di kluarkan langsung oleh pihak pengelola gunung merbbu, menjelaskan bahwa gunung merbabu akan menoak semua pendaki di semua jalur pendkian untuk eberapa waktu mendatang, penutupan jalur pendakian merbabu ini dimulai tanggal 20 mei hingga tanggal 20 juni, atau selama 30 hari penuh, tentu saja penutupan jalur ini bukan dikarenakan tanpa sebab, melainkan melalui pertimbangan yang matang pihak pengelola gunung merbabu.

Penutupan jalur gunung merbabubdan penyebabnya
Surat pengumuman putusan



dikutip dari detikcom, jhon setiawan sebagai kasubag Tu gunung merbabu mengungkapkan bahwa penutupan gunung merbabu selain dikarenakan pemulihan ekosistem juga karena mempertimbangkan keselamatan para pendaki gunung yang akan mendaki gunung merbabu, hal ini karena kondisi jalur merbabu yang sudah tidak aman untuk di lalui pada beberapa titik.

penutupan jalur sendiri bertepatan dengan bulan ramadhan dan libur lebaran, beberapa gunung lain yang juga di tutup dalam masa ini adalah GUNUNG CIREMAI dan GUNUng SINdORO. nah berbeda dengan gunung ciremai yang melakukan penutupan jalur karena bulan ramadhan dan pemulihan ekosistem, merbabu melakukan penutupan jalur untuk memperbaiki ekosistem sekaligus memerbaiki jalur yang rusak bahkan berencana membuat jalur baru jika beberapa titik tersebut sudah sangat sulit untuk di lewati.

beberapa titik jalur yang rusak tersebut diakibatkanoleh longsong, jalan rusak dan kendala lain yang menyulitkan para pendaki gunung merbabu, titik kerusakan jalur tersebut juga tersebar di hampir semua jalur pendakian gunung merbabu, padahal kita tahubahwa gunung meerbabu memiliki banyak jalur pendakian, beberapa jalur pendakian tersebut adalah jalur selo, jalur swanting, jalur wekas, thekelan, dn jalur wekas, berarti merbabu memiliki 5 jalur pendakian yang berbeda dan di tutup total seluruhnya pada bulan ini.

pihak penelola mengakui bahwa dalam penutupan jalur pendakian gunung merbabu tentu saja banyak pihak yang merasa kurang nyaman, misalnya saja paa pendaki yang sudah menjadwalkan pendakian dari jauh hari atau para penduduk lokal yang berprofesi sebagai poter atau kegiatan eonomi lain di sekitar gunung merbabu.

oleh kaena itu pihak pengelola memohon agar semua pihak bisa mengerti terkait penutupan gunung merbabu ini, dikarenaan memang penutupan bertujun untuk menjaga kelestarian alam dan demi keselamatan para pendaki gunung itu sendiri, salahsatu alasan utamanya adalah untuk memperbaiki jalur pendakian, beberaa jalur pendakian yang rusak diantaranya adalah sebagai berikut :

Jalur Selo boyolali : Dijalur ini banyak memiliki kerusakan parah, mulai medan yang bertambah curam hingga kondisi trek yang sudah tidak layak untuk di lalui, membuat para pendaki seringkali mengalami cidera seperti terglincir atau kseleo.

Jalur swnting magelang : jalur ini rusak berat akibat terjadinya longsor sepanjang 10 meter yang berada d tepi jurang dengan ketinggian 3 sampai 4 meter, hal ini tentu saja membahayakan para pendaki jika tidak segera dilakukan perbaikan atau bahkan pembukaan jalan baru pendakian.


jalur tehelan semarang :  juga tidak kalah buruknya dengan jalur swanting, jalur tehkelan ini mala terkena longsong dan samasekali tidak bisa di lalui dalam wktu dekat, kemungkinan harus membuat jalur baru untuk melewati longsoran tersebut, katanya.

Jalur wekas: dijalur wekas terdapat beberapa titik longsoran batuan yang bisa membahayakan para pendaki khususunya ketika berjaan di malam hari yang bisa menyebabkan terglincir atau kseleo.
 upaya pemugaran jalur tersebut rencannya akan dilakukan sekitar seminggu setelah lebaran  karna mempertimbangkan sumber daya manusia, dan selain itu setelah pemugaran jalur pendakian harus di diamkan terlebih dahulu untuk menguatkan struktur tanah agar tidak malah menjadi lebih rusak dari sebelumnya, oleh karena itu pendaki di harapkan untuk bersabar menunggu jalur pendakian kembali di buka.

bagi para pecinta alam, atau kamu yang sudah melakukan penjadwalan mendaki gunung merbabu di liburan panjang nanti, kamu bisa mengalihkan pendakian ke beberapa gunung lan yang juga tidak kalah indah dengan gunung merbabu, seperti gunung sindoro, sumbing dan beberapa gunung lainnya. 
salam lestari.
bakasura.
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post