-->

Iklan Billboard 970x250

jangan bingung Traveling ke Havana, Cuba. ini dia rincian biayanya.

jangan bingung Traveling ke Havana, Cuba. ini dia rincian biayanya.

hallo sobat bakasura, kembali lagi kami ingin berbagi sedikit artikel tentang backpaker internasional, yaitu traveling ke havana, cuba. kamu pasti tidak asing dong dengan lagu havana ?. havana sendiri terletak di cuba. beberapa waktu lalu seorang dengan nama akun facebook james menulis artikel ini di laman facebook group, backkpaker internationa, menurut saya, artikel ini cukup inspiratif dan informatif, oleh karena itu saya memutuskan untuk mngunggah artikel ini ke laman bakasura.web.id, yuk simak artikel lengkapnya di bawah ini.

jangan bingung Traveling ke Havana, Cuba. ini dia rincian biayanya.

Havana, Cuba.


Well... buat kalian yang pernah dengar lagunya mbak camila ---> havana unana... half my heart is in havana ... oh nana... (siapa yang baca sambil nyanyi?) 
Saya baru sj melakukan perjalan kesana dan barangkali ada yang ingin kesana juga. Saya akan tuliskan beberapa hal hal tentang havana.

Untuk kita passport Indonesia... kita hanya perlu tourist card untuk mengunjungi havana. Tourist card ini dapat kita beli di maskapai yg kita gunakan untuk ke cuba. Case saya.. saya terbang dengan aeromexico dari new york. Dan transit di meksiko... so... sebelum cek in saya datangi kantor nya aeromexico dan staf aeromexico bilang saya bisa beli tourist card nya nanti di meksiko.... so saya hanya cek in dan flight ke meksiko menggunakan visa amerika.... (untuk pemegang visa america dapat mengunjungi meksiko bebas visa).

Perjalanan kali ini ... saya ambil transit panjang di meksiko... karena sy berencana keluar meksiko di sore hari.. 
Untuk perginya... saya sampai di meksiko malam hari.. so saya ambil hotel dekat bandara untuk nunggu next flight besok nya. Harga hotel sekitar 300 ribu rupiah.. dan biaya uber 50 ribu rupiah sekali jalan.
Untuk masuk meksiko sendiri, kita hanya perlu mengisi form kedatangan yg akan di bagikan di pesawat sebelum landing dan diberikan ke imigrasi bandara meksiko setelahnya..

Ke esokan harinya kita sampe bandara langsung datangi kantor aeromexico dan beli tourist card nya.. ingat beli tourist card dulu sebelum cek in. Untuk harga nya ... hanya 18$ US dan bisa bayar pakai visa card.

Perjalanan dari mexico city ke havana sekitar 2 jam, karena aeromexico pesawat full service dan bagian dari skyteam jadi kita gk terlalu bosan selama di perjalanan. Karena new york Mexico itu sekitar 5 jaman jd ini penting untuk nikmatin perjalanan biar gk bosen..

Seperti biasa... di pesawat sebelum landing kita akan di bagikan kertas imigrasi nya cuba. Dan kita cukup isi sesuai pertanyaan saja. Oh ya... karena cuba dan amerika hubungan nya kurang baik dari puluhan tahun lalu... yang saya sendiri kurang paham kenapa. Yang jelas segala sesuatu yang berhubungan dengan amerika di blok di cuba. Jadi waktu kita mendarat.. akan di tanya apakah kita warga negara amerika atau bukan. Dan untuk america citizen punya jalur sendiri..

Sesampainya di havana... saya bener bener kaget.. karena suasana di havana persis seperti indonesia 25 tahun lalu. Jadi seperti mengingat masa kecil lagi, karena pohon sepanjang jalan ... bentuk jalanan ... semua sama seperti indonesia zaman dulu. (Saya bandingkan dengan kota saya ya.. medan)


Seperti saya bilang tadi. Cuba memblok semua yg berhubungan dengan amerika , jd keadaan mereka masih cukup tertinggal untuk fasilitas umum. Bukan hanya fasilitas umum. Cuba sendiri masih pakai jaringan signal 3g dan tidak ada wifi di semua tempat. Wifi di sini dilarang pemerintah, hanya akan ada di beberapa spot yang di tetapkan pemerintah. Kebenaran saya tinggal di homestay di havana. Karena saya sudah baca baca .. homestay di cuba lebih baik di bandingkan hotel. Dan sy cek cek dr booking.com ... akhirnya saya pesan homestay di daerah vedado yang nilai rank nya tinggi.. dan buat kalian yang mau ke cuba... daerah kalian tinggal jg sangat perlu di perhatikan. Karena jarak disana memang tidak begitu jauh.. tp fasilitas umum sedikit susah. Dan taksi disana harus tawar menawar.. jd ya sesuaikan saja tujuan kesana mau apa dan pesan didekat sana. Saya sendiri karena memang ke cuba untuk explore semua tempat , dan vedado ada ditengah jadi saya pesan di vedado. Syukurnya rumah yg saya pesan sangat bagus.. fasilitas nya juga standart apartemen medium jakarta... terlebih lg owenernya sangat baik, walau mereka tidak bisa bahasa inggris ... tp mereka mencoba membantu sangat maksimal. Buat kalian yg berencana kesana. Bisa PM saya. Nanti saya kasih name card nya.. saya rekomendasikan homestay mereka karena lokasi juga sangat stategis.. dekat dengan wifi zone... restaurant dan bus stop..

Hal lain yg harus di ingat.. cuba ada 2 mata uang. 1 adalah CUC ... mata uang yang dibuat pemerintah untuk menggantikan dollar US. 1 CUC itu sama dengan 1$ US. Mata uang lainnya adalah mata uang pecahan sehari hari mereka. Nilainya saya lupa karena saya disana pakai CUC.

Ingat ya... kalau ke cuba jangan bawa US $. Karena kalau kalian tukar US $ disana. Nilai dollar kalian akan di potong 10%... itu resmi dr pemerintah mereka. Jadi kalau tukar 100$ yang harusnya dapat 100CUC , hanya akan dapat 90 CUC. Jadi saran saya bawa euro.. atau tarik atm dengan visa card.

Untuk wifi disana ... kalian harus cari taman atau hotel bintang 4 setidaknya. Mereka akan jual voucher wifi seharga 1 CUC untuk pemakaian 1 jam. Yesss disana wifi perjam. Dan hanya ada dibeberapa tempat. Hahha kita udh capek keluar masuk restaurant .. semua gk ada wifi. Jd jangan kira bisa di akalin dengan masuk restaurant.

Selama di havana sendiri.. saya mengunjugi old havana.. atau mereka sebut havana vieja... pantai nya.... dan beberapa object tourist yang bisa kita datangi melewati canal penyebrangan.. untuk objek wisata disana kalian bisa google ya... jangan malas. Hahhaa saya kasih beberapa foto aja.. karena object wisata ini bersifat personal. Jadi ya masing masing org pasti beda beda yang mau di kunjungi.

Salah satu yg paling terkenal disana adalah penyewaan mobil klasik yg warna warni dan kece. Kalau dengar nama havana .. pasti kita langsung ingat mobil tua klasik khas havana. Yup. Disana mobil klasik ini sangat banyak dan memang sangat populer. Sangat jarang kita temui mobil mobil keluaran baru. Tetapi karena hal ini lah nilai touristic havana menjadi menarik. 
Untuk harga penyewaan disana itu sangat sangat relatif. Kalau saya cek internet sebelumnya kesana itu harganya 30 cuc per jam. Tapi karena ilmu tawar menawar yang kece.. saya bisa dapat 50 cuc untuk 2.5 jam.. sepertinya waktu sangat mempengaruhi harga.. ada baiknya kalian kalau mau sewa itu di jam pagi sekitar jam 10 an. Karena bagi mereka penyewa pertama itu penting. Atau bahasa medan nya buka dasar itu penting. Jd kita bisa tawar harga.. lol.

Untuk makanan sendiri disana hampir sama. Setiap lunch kita habis 7-10 CUC per menu dengan minum. Kita biasa makan di restaurant yg sedikit bagus. Jadi sy kurang paham kalau restaurant yg biasa tp menurut saya sama aja.


Untuk menuju pantai.. dari old havana.. kalian bisa naik bus seharga 5 CUC PP. naiknya itu didekat gedung capitol dan sangat mudah untuk didapatkan.. tinggal tanya org aja bus ke pantai.. dan mereka akan kasih tau. Bus stop nya di pinggir jalan besar. Dan bus itu akan berhenti di beberapa pantai yang masih 1 kawasan. Kita kebenaran di pantai last stop nya bus. Dan menurut saya bagus pantainya. Untuk sewa bangku dan payung di pantai itu sekitar 5 cuc. 3 cuc payung 2 cuc bangku.

Apa lagi ya informasi yang bisa sy bagikan. Hahaha bingung. Kayaknya udh semua. Oh ia. Untuk biaya taksi ke vedado itu di rate 25 cuc ya. Kita kemarin sempat bayar 35 cuc. Dan ternyata harga pasaran disana 25 cuc. 
Untuk biaya bus disana. Kalian bisa tanya sama orng disana. Kalau saya gk salah 25 sen mata uang sana. Murah pokoknya. Lol.

Saya rasa itu aja hal hal penting selama di havana.. dan kalau ada pertanyaan lain. Monggo di tanyakan. Kalau saya lg ada waktu kosong akan saya bantu jawab.. hehhee

Oh ia.. saya akan keliling balkan di tanggal 17 juli - 31 juli. Barangkali teman teman ada yg di balkan dan bisa bareng bareng explore monggo.....

Akhir cerita... semoga informasi dari saya dapat membantu teman teman semua. Dan maafkan foto yg saya upload kalau kurang berkenan. Salam traveller 👋

#BICUBA #BIHAVANA #HAVANA #CUBA

jangan bingung Traveling ke Havana, Cuba. ini dia rincian biayanya.


Ditulis oleh james di Grup Backpaker International (facebook)

waduh asik kali yah, bisa jaan2 di cuba, bagi kam yang tertarik untuk mengikuti trip selanjutnya di balkan seperti yang di jelaskan di atas bisa angsung menghubungi james di link ini. nahh bagi kamu yang merencanakan liburan ke luarnegri di banyak destinasi negara lainnya jangan lewatkan update an artikel di blog ini yaa..
Baca Juga
SHARE
Bakasura
hallo saya adalah bloger yang mengelola beberapa blog yang mungkin sedang atau pernah kamu kunjungi. hubungi saya melalui formulir kontak di salahsatu blog untuk keperluan lebih lanjut.
Subscribe to get free updates

Related Posts

Post a Comment

Iklan Tengah Post